Sepatu ku Membawa ku Memandang Indonesia. Atas, Bawah, Laut & Darat, Ia Kaya!

Pusuk Buhit:Objek Geowisata Laboratorium Alam Terunik


Pusuk Buhit

 Selain sebagai tujuan wisata para pelancong akibat keindahannya yang mempesona, hendaknya juga harus mengetahui bahwa terdapat sisi lain dari Danau Toba yang dapat dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan atau penelitian.
Pusuk Buhit merupakan anak dari gunung toba yang telah meletus ratusan ribu tahun lalu yang mengalami pengangkatan.Bagi anda yang menyukai petualangan di alam terbuka, maka berkeliling disekitar Danau Toba dan melakukan penelitian kecil-kecilan untuk lebih memahami proses terjadinya Danau Toba secara ilmiah tepatnya dapat dilakukan di Laboratorium alam gunung pusuk buhit.
Batuan Sedimen
Kekayaan geologi, vulkanologi dan antropologinya akan menambah daya tarik wisata anda. Tidak hanya menikmati keindahan danaunya yang tenang ditambah udaranya yang segar, namun juga menambah kasanah ilmu bagi anda yang tertarik dengan ilmu geolog.
Pusuk Buhit ini persisnya terletak di Pangururan, salah satu kota yang ada di Toba Samosir. Gunung ini merupakan salah satu tempat yang disakralkan masyarakat Batak karena konon dipercayai sebagai asal muasal raja batak. Selain sisi mitologi Batak, para pelancong yang ingin sekali belajar tentang sebab musabab Danau Toba terbentuk dapat belajar lewat struktur bebatuan yang terdapat disekitarnya.  
lapisan Batuan yang mengalami alterasi geothermal (pelapukan)
Lewat bentuk bebatuan inilah geologi mejadi penting dan menguak proses terbentuknya Danau Toba secara lambat laun melalui aktivitas tektonik dan vulkaniknya.
Misteri kawah yang terdapat disekitar pusuk buhit menjadi misteri yang menarik perhatian para vulkanolog bila ternyata hal itu berhubungan erat dengan proses terbentuknya Danau Toba.
salah satu lapisan batuan spot untuk berpose
Melalui sejarah letusan gunung Toba yang super dahsyat dimasa silam dengan meninggalkan kaldera Toba yang luas biasa luas menjadi satu fitur vulkanik yang luar biasa. Sejak dari dulu, para geolog dan vulkanolog pun ternyata sudah melakukan penelitian ini. Kayanya misteri dari Danau Toba harus dijadikan sebagai sebuah Geowisata yang dapat dimanfaatkan para pelancong sebagai pengetahuan tambahan dan menarik tentang ilmu kebumian atau geologi.
Bila memungkinkan, melanconglah dengan seorang yang ahli dibidang geologi, vulkanologi atau antropologi atau pemandu setempat yang tau tentang pengetahuan kebumian ini.Dengan demikian anda akan menikmati cerita mulai dari proses letusannya, pembentukan gunung pusuk buhit hingga lapisan batuan megalitikum yang masih meninggakan jejak misterinya.
Untuk belajar tentang struktur batuannya, anda dapat menuju pusuk buhit dan akan menemukan singkapan batuan yang sudah berumur beratus tahun lamanya seperti batu slate yang dikenal sebagai peninggalan jejak masa Paleozoikum, batu kars sebagai jejak masa Mesozoikum dan bongkahan larva yang sudah mengalami alterasi geothermal (pelapukan bebatuan) serta sumber mata air panas yang membuktikan bahwa gunung pusuk buhit merupakan sisa peninggalan letusan gunung toba yang masih meninggalkan magma yang aktif.
Batuan Sedimen  yang ditemukan dipinggiran jalan menuju Danau Toba
Tentunya akan sangat lengkap bila berwisata sembari mendapatkan tambahan wawasan dari tempat wisata yang anda sambangi.Berwisata itu tak hanya sekedar menikmati keindahan yang disuguhkannya, tapi juga dapat dengan belajar berbagai hal yang tidak pernah anda tau.Seru bukan?
Berwisata ke Danau Toba itu asyik dan terjangkau.Bagi anda yang penasaran ingin menikmati laboratorium alam yang terunik di dunia ini, silahkan persiapkan waktu libur panjang anda karena tentunya akan menghabiskan waktu yang panjang untuk menguak misterinya.

1 comment

Powered by Blogger.