Sepatu ku Membawa ku Memandang Indonesia. Atas, Bawah, Laut & Darat, Ia Kaya!

15 Cara Mudah Jalan-Jalan Gratis ke Luar Negeri Ala Ratu Travel Trinity

Source : Google


Siapa sih yang nggak pengen yang gratisan a.k.a gretongan? Kalau cuma gratisan tiket sih, kamu pasti bisa pakai poin dari frequent flyer atau kamu adalah orang paling beruntung karena punya kolega atau rekan yang bekerja di agen A atau B. Itu sih udah biasa kan ya? Tapi gimana kalau kamu dapat gratisan dengan satu paket komplit : tiket pesawat, akomodasi, konsumsi, transportasi dan biaya jajan di tempat tujuan.   

Nah, kamu memang kudu cermat dan mengetahui kunci utama bisa bertualang ke luar negeri tanpa mengocek saku lebih dalam. Check tips di bawah ini seperti dikutip dari buku Naked Traveler. 

#1 Ikut undian atau lomba yang hadiahnya jalan-jalan ke luar negeri
Hanya orang yang sangat beruntung memang yang bisa menang undian beginian. Bayangkan saja, teman saya bisa jalan-jalan ke Swiss karena membeli sebuah produk, lalu melengkapi biodata diri di secarik kertas formulir, kemudian memasukkannya ke kotak undian. Lalu Bum, dia pun menang! Sulit dipercaya, tapi ternyata benar-benar manjur. Kalau pengen serius menang, maka ikuti lomba dengan usaha ekstra sesuai syarat yang diminta, lalu kuatkan usaha kamu dengan doa yang kenceng supaya kamu bisa menang. 

#2 Kalau kamu merasa cantik dan seksi, ikutilah lomba Miss/Putri Indonesia dan jadilah juara pertama.
Abis itu, kamu akan dikirim ke berbagai negara termasuk ikut ajang Miss Universe dengan bikini yang lucu. Moga-moga aja sih nggak jadi sasaran penghujatan FPI atau DPR di tanah air. XD XD

#3   Jagolah bernyanyi dan masuk paduan suara
Anda jago bernyanyi sekaligus menari atau kesenian lainnya, maka ikutilah kor,paduan suara atau komunitas seni yang ada. Kamu bisa saja dikirim untuk bertanding ke berbagai negara. Contoh tokoh yang sudah berhasil dari cara ini adalah Eddy Silitonga yang ditunjuk oleh Jero Wacik menjadi Duta Kebudayaan Indonesia 2010 yang keliling dunia untuk bernyanyi di restoran-restoran. 

#4 Jadilah atlet berprestasi
Liat saja atlet-atlet Bulu Tangkis yang sering kali dikirim ke luar negeri untuk melakukan pertandingan. Kalau kamu baru mau merintis karir jadi atlit dan ingin dapat kesempatan yang lebih besar, carilah olahraga yang lebih jarang pesaingnya lalu berprestasilah setinggi-tingginya. 

#5 Jadi pelajar yang superpintar
Pelajar yang memiliki tingkat kejeniusan di atas rata-rata pun tak jarang akan sangat mudah mendapatkan peluang jalan-jalan ke luar negeri. Misalnya ikut olimpiade Fisika, Matematika dan yang lainnya. Atau kalau kamu adalah seorang mahasiswa, kamu bisa saja mendapat promosi untuk mengikuti konferensi internasional di luar negeri. 

#6 Putuskan untuk jadi tour guide atau tour leader
Dari semua jenis pekerjaan, profesi yang paling banyak jalan-jalannya adalah tour guide dan tour leader. Awalnya sih masih baru dikirim ke negara tetangga, tapi setelah ahli dalam bidangnya, mereka bisa dikirim ke negara paling jauh sekalipun sampai kamu pun kelewat bosan bolak balik luar negeri. Biarpun gratis, kamu juga harus tetep kerja rodi ngurusin rombongan tur orang Indonesia yang cukup, yah gitu deh. You know what i mean :D

#7 Kerja jadi sales asuransi atau MLM
Yang ini kamu harus jualan yang banyak supaya dapat bonus jalan-jalan ke luar negeri bersama rombongan. Di tambah bonus foto kamu dipajang di koran dengan pakaian yang aneh-aneh lagi..hiihihiii. 

#8 Jadi jurnalis atau pekerja media
Jadi wartawan atau jurnalis itu ada serunya juga sih. Mereka cuma tinggal tunggu undangan liputan ke luar negeri. Kalau baru memulai karir di media, ya, sabar aja dulu sampai dikirim ke luar sana. Media yang jumlah karyawannya banyak, seperti koran harian, kemungkinan akan mengirim wartawannya lebih sedikit dibanding majalah, apalagi majalah wisata. Ada baiknya jadi ahli di satu bidang, contohnya, wartawan spesialis menulis tentang pesawat terbang, telekomunikasi, olahraga atau wisata. Jadi kamu bisa lebih banyak peluang untuk ditunjuk menuntaskan tugas yang ada di luar negeri. 

#9 Jadi blogger ngetop
Blogger saat ini sudah disejajaran dengan penulis handal dan berpengalaman luas. Karena saking rajinnya menulis beragam pengalaman atau pengetahuannya, blogger biasanya akan disorot sedekat-dekatnya sampai-sampai undangan mengalir begitu deras, baik dari dalam maupun luar negeri. Tapi ingat, blog kamu harus unik dan banyak dibaca sehingga tulisan-tulisan kamu dianggap bernilai dan original. 

#10 Bekerja di perusahaan multinasional yang keren
Bekerja di perusahaan dengan profit tinggi dan berkelas multinasional seperti IT, pertambangan, telekomunikasi, FMCG, advertising egency dan production house menawarkan peluang jalan-jalan gratis untuk kamu. Misalnya untuk menghadiri meeting, konferensi, training atau shooting. Semakin tinggi jabatan tentu semakin besar kemungkinan dikirim ke luar negeri. Bisa jadi anak buahnya yang mati-matian bikin presentasi, tapi bos-nya lah yang menikmati hasil. Kesian ya! 

#11 Jadi pegawai negeri kelas atas
Bisa jalan-jalan ke luar negeri pakai ABIDIN (Atas Biaya Dinas) adalah hal yang dinikmati para pegawai negeri. Alasan utamanya apalagi kalau tidak studi banding. Puluhan pengurus PSSI dan anggota DPR aja bisa nobar ke Afsel lho! Ada juga sih yang ke luar negeri untuk pameran, meeting, training atau dibayarin vendor/supplier karena proyeknya gol. Jadi diplomat atau ajudan dubes, sih kemungkinan lebih besar. Apalagi jadi presiden. Kalau jadi polisi, carilah bagian yang jemput koruptor yang kabur ke luar negeri. Heheheheee 



Source: Cnn.com

#12 Jadi TKI
Jangan pikir TKI itu kerjanya cuma jadi pembokat saja. Beberapa teman saya bisa kerja di luar negeri karena professional di bidangnya. Seperti dalam bidang IT, Hospitality Industry, Airlines, atau kerja di badan dunia. Kalau kamu nggak punya skill tinggi, tapi rajin, jadilah asisten rumah tangga a.k.a PRT dan berdoa dapet bos yang bukan tukang siksa ya. 

# 13 Cari beasiswa luar negeri
Jalan-jalan gratis juga bisa didapatkan dengan cara mencari beasiswa luar negeri. Syaratnya, harus pintar dan lebih miskin dibanding pesaing lain. Kalau malas sekolah lama, carilah beasiswa fellowship atau workshop. Bagi dosen, PNS, aktivis LSM, dan berasal dari Indonesia Timur, kemungkinan banyak ditawarkan beasiswa jenis ini. 

#14 Punya orang tua yang tajir
Kalau kamu cuma punya penghasilan kecil, sementara orang tuamu tajir melintir, kamu pastinya akan diajak jalan-jalan ke luar negeri. Kalau orang tua nggak tajir-tajir amat, carilah istri atau suami yang konglomerat. Kan asyik donk diajakin keliling dunia mulu! 

#15 Jadi simpanan orang tajir
Kalau kamu memilih untuk tidak menikah, dan terobsesi ingin ke luar negeri, jadilah simpanan orang tajir. Kamu bakal melihat betapa tajirnya dirimu dengan seketika dan secara spontan mengubah tujuan liburan kamu menjadi liburan-liburan mewah. Dibayari hotel, tiket, makanan dan dibeliin barang-barang branded sama si doi. Tapi, asal kamu siap aja menghadapi Perang Dunia III dengan wanita yang seharusnya menikmati itu. Karena kamu pasti takut ketahuan kan? Dan berhati-hatilah dengan risiko-risiko lain yang jauh lebih berbahaya. 

Note: Untuk tips yang terakhir, abaikan saja, dan sangat tidak dianjurkan!

No comments

Post a Comment

Powered by Blogger.