Sepatu ku Membawa ku Memandang Indonesia. Atas, Bawah, Laut & Darat, Ia Kaya!

5 Cara Nyentrik Ngopi di Berbagai Negara

source || Pinterest.com
Lain lubuk lain ikannya. Beda negara beda pula cara ngopi-nya. Begitu kira-kira bunyi sebuah perumpamaan yang dipakai bahkan saat menikmati kopi di berbagai negara. Tentu saja hal ini juga terjadi di Indonesia, dimana setiap kota pasti punya cara untuk menikmati kopi. Untuk sebagian besar dari Anda tentu tahu cara ngopi masyarakat kita. Nah, kali ini mari agak sedikit lebih menerawang jauh ke negara-negara lain. Seperti perbedaan menikmati kopi di 5 negara ini:

Roma, Italia
Espresso menjadi populer setelah pabrik La Pavoni menyempurnakan mesinnya pada 1905. Menuangkan air yang amat panas ke bubuk kopi halus, dengan selapis crema di permukaannya. Warga Romania telah menyesap espresso sejak 1938 di Sant’Eustachio II Caffe , lokasinya di dekat Pantheon.

source | Traveller.com.au


Addis Ababa, Etiopia
Di negara asal kopi, pengunjung hanya dapat mengalami upacara kopi tradisional di rumah-rumah pribadi. Upacara ini juga termasuk memanggang biji kopi segar di atas batu bara dan menyeduh bubuknya tiga kali sembari  membakar dupa. Kini, warga modern mereguk kopi hitam, bahkan macchiato di kafe milik keluarga Tomoca di Piazza.

Macau, Tiongkok
Teh hitam, yang merupakan warisan pemerintahan Inggris di Hongkong, disaring dengan secarik kain. Lalu, dikombinasikan dengan susu kental mais dan kopi untuk membuat secangkir yuanyang. Di seberang Pearl River Delta di Macau, World Record Coffee telah menyajikan yuanyang selama 45 tahun, dengan pendamping berupa roti yang dibakar di atas arang dan dituangi sirup susu.

source | Pinterest.com
Ho Chi Minh City, Vietnam
Orang Prancis memperkenalkan kopi di Vietnam pada 1857. Diracik dengan penyaringan metal porsi tunggal (disebut phin) yang bertumpu pada cangkir berisi susu kental manis. CCampuran ini diaduk dan dituang ke atas es. Cicipi di patio kopi Trung Nguyen, salah satu waralaba terbesar negara ini di Pham Ngu Lao Street nan ramai.

Stockholm, Swedia
Swedia termasuk negara pengonsumsi kopi terbesar di dunia, yang mungkin pengaruh tradisi fika. Coffee Break harian sambil mengudap, biasa dilakukan di rumah, tempat kerja, atau kafe seperti Vete-Katten di Stockholm. Roti kayu manis atau semlor-nya yang termasyhur merupakan pasangan serasi untuk secangkir kopi hangat.
Sudah pernah coba yang mana? Silahkan dicoba jika Anda penasaran dengan nikmat rasanya!

No comments

Post a Comment

Powered by Blogger.