Sepatu ku Membawa ku Memandang Indonesia. Atas, Bawah, Laut & Darat, Ia Kaya!

INILAH 9 PANTAI TERCANTIK DI INDONESIA (2)



Lima pantai tercantik dan istimewa sudah Anda ketahui dari artikel sebelumnya, nah saatnya kita membahas empat pantai lain yang nggak kalah indah dan mempesona. Berikut uraiannya:

#6 Pantai Merah (Pink Beach) di Flores, NTT
source: wordpress.com
Tanda tanya mungkin muncul dibenak Anda saat mendengar nama pantai ini. Apa benar warnanya pink? Pantai di sini pasirnya memang berwarna pink, dan pantai ini cuma dimiliki oleh tujuh negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Letaknya di Pulau Komodo , Nusa Tenggara Timur. Warna pasir di pantai ini tidak langsung berwarna pink, tetapi terbentuk secara alami. Daya tarik dari pantai ini tidak ada bangunan dan tidak dihuni satu penduduk pun. Pantainya jauh dari tanda-tanda dihuni atau tak bertuan. Hanya terdapat hutan hijau, tebing, bukit dan gelombang ombak serta pasir pink yang menawan. 

Berangkat dari ibu kota Jakarta, kita akan terlebih dahulu transit di Bali, lalu lanjut menuju Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut pulau Flores yang merupakan gerbang menuju pulau Komodo. Sebelum berangkat, biasanya para wisatawan berkumpul terlebih dahulu di Loh Liong. Dari sana, Anda bisa naik perahu selama 30 menit atau bisa lewat darat selama 4.5 jam.


#7 Pantai Wakatobi di Sulawesi Tenggara
source: wikipedia.org
Inilah tempat yang dikenal dengan surga para penyelam dunia. Jacques Costeau, seorang jurnalis selam dunia mengklaim bahwa Wakatobi adalah tempat menyelam yang paling indah di dunia. Pantai Wakatobi sendiri terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi diambil dari singkatan  dari sebuah pulau utama di sana, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko. 

Hal menarik yang nggak bakal Anda temukan di pantai lainnya adalah kekayaan Wakatobi dengan spesies koralnya yang mencapai 850 spesies.

Untuk menuju Wakatobi, Anda hanya perlu menaiki penerbangan dari Jakarta menuju Wakatobi. Anda juga dapat memilih alternative lain baik melalui laut maupun darat. Menempuh perjalanan melalui laut, yakni dari Kendari. Kendari –Wakatobi akan memakan waktu hingga 10 jam lamanya. 

Untuk urusan penginapan, Anda dapat memilih penginapan dengan harga standar/terendah yakni Rp50 ribu. Sedang hotel dibadrol mulai dari Rp150 ribu – Rp1.5 juta per malam. Bagi Anda yang sama sekali masih buta dengan Wakatobi, maka terdapat pusat penyedia guide untuk menemani Anda berkeliling selama berada di Wakatobi. 

#8 Pulau Bunaken di Manado
source: spotstodive.blogspot.com
Manado identik dengan istilah 3B. Apa itu? 3B adalah sebutan dari bubur, bibir dan Bunaken. Kurang lengkap jika Anda berkunjung ke Manado tanpa merasakan bubur Manadonya, berkenalan dengan Nona Manado dan mengunjungi Taman Nasional Bunaken. 

Pulau Bunaken merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Tempat ini merupakan ekosistem perairan tropis, dimana terdapat pantai yang indah dengan pasir putih, air laut yang biru, terumbu karang, hutan bakau dan pesisir.

Alam bawah lautnya sangat indah, tak heran banyak penyelam domestic maupun manca negara yang terus berdatangan. Sedang di bagian darat, Anda juga akan dimanjakan dengan beragam jenis pohon dan hewan yang hidup disekitarnya. Seperti, pohon palem, woka, silar, kelapa dan sagu. Sedang hewannya terdapat kuskus, rusa dan kera hitam Sulawesi. 

#9 Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur
source: tripvisto.com
Pasir pantainya yang putih lembut, air lautnya yang jernih, sinar matahari dan pepohonannya yang sangat alami membuat tempat ini layak masuk dalam kategori pantai tercantik di Indonesia. Selain Derawan, masih ada pantai lainnya yang tak kalah bagus. Seperti pantai Kakaban, Maratua dan Sanggalaki.

Untuk mencapai Derawan, pilihlah penerbangan menuju Balikpapan. Dari sana, lanjutkan ke Tanjung Redep, lalu ke Tanjung Batu. Pulau Derawan bisa juga dicapai melalui Tanjung Batu dengan speedboat. Bila Anda berencana untuk tinggal dan menikmati malam di Derawan, Anda bisa menyewa homestay dengan tarif Rp100 ribu per malam. Tersedia juga pilihan bungalow yang diberi tarif dari Rp300 ribu hingga jutaan per malamnya. 

Jangan bilang bahwa kamu adalah orang Indonesia kalau masih belum mencicipi keindahan yang disuguhkan 9 pantai terindah Indonesia ini. Ayo buruan, cari tiket promo Anda sekarang juga dan atur trip ke berbagai destinasi wisata Indonesia ini.

@loreiy (Twitter) & Lori Simamora (Facebook)

No comments

Post a Comment

Powered by Blogger.