Sepatu ku Membawa ku Memandang Indonesia. Atas, Bawah, Laut & Darat, Ia Kaya!

INILAH 9 PANTAI TERCANTIK DI INDONESIA (1)


Bila wisatawan mancanegara masih kerap menilai bahwa Bali adalah pulau terindah Indonesia, maka kemungkinan mereka keliru. Pasalnya, Indonesia yang dibingkai dengan kekayaan pulaunya ini bahkan memiliki beragam destinasi wisata pantainya yang nggak kalah menawan dari Bali.   

Berikut 9 pantai indah di berbagai wilayah di Indonesia.

#1 Pantai Gili Trawangan di Lombok, NTB
source: beautyofindonesiaku.com
Gili Trawangan adalah satu dari tiga pulau yang ada di Lombok, selain Gili Meno dan Gili Air. Dari ketiga pulau di sebelah barat laut Lombok ini, Gili Trawangan lah yang paling besar. Menyajikan alam bawah laut yang sangat bagus. Pantainya sangat bersih, air lautnya jernih dengan gradasi warna hijau dan biru. Saking jernihnya, kita bisa melihat terumbu karang dan ikan nemo berenang tanpa harus menyelam.  


Keunikan pantai Gili Trawangan adalah kita bisa menikmati sunset dan sunrise. Karena pantai ini ada yang menghadap barat dan timur. Asyik kan? Untuk sampai di Gili Trawangan, bisa melalui berbagai cara. Jika lewat jalur udara cari tujuan Lombok Internasional Airport atau pun Bandara Selaparang. Bisa juga lewat jalur laut jika Anda pergi dari Bali.

#2 Pantai Hunimua di Ambon, Maluku
source: pasirpantai.com
Pantai Hunimua adalah pantai kebanggaan orang Maluku, mereka biasa menyebutnya Pantai Liang. Letaknya di Desa Liang, sekitar 15 kilometer dari Pantai Natsepa. Pantai Hunimua pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990. Selain pasir putih dan air laut yang jernih, kita dimanjakan dengan rimbunan pepohonan beringin hutan yang tumbuh di hamparan pasir. 

Di sekitar pantai ada sebuah jembatan panjang mengarah ke laut yang menjadi spot keren untuk snapshot. Dari jembatan ini terlihat Pulau Seram, salah satu pulau terbesar di Kepulauan Maluku dan Pulau Pombo disebut Pulau Burung. Sayangnya, penginapan di daerah pantai masih sangat minim. Jadi, bila ingin menginap Anda harus kembali ke kota Ambon. 

#3 Pantai Raja Ampat di Papua
Bagi Anda yang pertama kali berkunjung pasti akan merasa bahwa Raja Ampat seperti surga di bumi. Mengapa tidak, keindahannya yang sangat menaan akan membuat Anda betah dan berlama-lama di sana, meski harus menghabiskan dana yang cukup 'mahal'.
 
source: rumahtravel.co.id
Bagi yang ingin menjelajahi Raja Ampat selama seminggu atau 10 hari, harus menyiapkan dana sekitar Rp30 juta. Sedangkan para backpacker seperti saya hanya perlu membawa dana Rp10 juta. Untuk pesawatnya sendiri, Rp3 juta sekali jalan dari Jakarta menuju Sorong (memakan waktu sekitar 7 jam). Lalu harus naik kapal di pelabuhan dengan tarif Rp120 ribu/orang. Sedang tarif penginapan sekitar Rp300 ribu per malam. 

#4 Pantai Sawarna di Banten, Sukabumi
source: private doc
Seperti yang penulis sudah tuliskan di artikel sebelumnya, Pantai Sawarna adalah salah satu pantai yang disebut-sebut sebagai ‘The Hidden Paradise’ nya Indonesia. Pasir putihnya yang mengilap dan gelombang ombak yang sempurna membuat para surfer asing menjadikan Sawarna sebagai surga baru untuk berselancar. Sebelum memasuki area pantai ini, pengunjung harus melewati hutan, jembatan Cikaung dan persawahan. Nuansa alami sangat melekat kuat saat perjalanan sehingga cukup menjadi daya tarik tersendiri. Keindahan alamnya banyak dijadikan fotographer untuk mengasah kemampuan memotretnya. 

Jalan menuju pantai ini tidaklah sulit. Banyak jalan yang dapat ditempuh untuk sampai ke sana, seperti melalui Jakarta bisa dari Tangerang, Tigaraksa lalu Malimping, Bayah. Jika ingin naik bus, Anda hanya perlu naik bus jurusan Serang. Harga tiket per orang dikenakan biaya sebesar Rp20 ribu. Lalu dari Serang menuju Bayah menggunakan elv dikenakan biaya Rp25 ribu. Jika Anda ingin berlama-lama di sana, terdapat banyak tempat penginapan berupa homestay dengan dikenakan biaya Rp75 ribu – Rp200 ribu. 

#5 Pantai  Tanjung Tinggi di Bangka Belitung
Film Laskar Pelangi adalah salah satu film yang sebagian besar berlokasi di Kepulauan Bangka Belitung. Salah satu pantainya yang paling indah adalah Pantai Tanjung Tinggi yang terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Tanjung Pandan, ibu kota Bangka Belitung. Pantai ini berpasir putih halus, memiliki air laut biru yang jernih, serta dikelilingi batu granit yang membuatnya tampak semakin eksotis. Semua orang yang melihatnya pun ingin buru-buru pengen nyebur ke dalam pantai ini.



Untuk mencapai tempat ini dari ibu kota, Anda harus menaiki pesawat tujuan Tanjung Pandan. Setiba di sana, jangan  heran bila Anda tidak menemukan angkutan umum menuju lokasi pantai. Jadi, bersiaplah merogoh kocek untuk menyewa mobil dengan tarif Rp150 ribu. Atau dengan menaiki motor dengan tarif ongkos Rp25 ribu. Adapun jarak tempuhnya sekitar 1 jam dari kota. Di lokasi dekat pantai, terdapat penginapan yang bisa Anda sewa selama berwisata. Di pantai ini, Anda bisa menikmati aktivitas diving dan melihat terumbu karangnya yang mempesona sepuasnya.  Anda juga akan dikenyangkan dengan beragam kulinernya yang istimewa dan lezat.

Tunggu apalagi, atur jadwal liburan Anda dan rajinlah meluangkan waktu berburu tiket promo demi penghematan biaya perjalanan Anda. 


Note:
If you have another experiences about natural watch or travel trip, you can share your link to me in @loreiy (twitter) or Lori Simamora (facebook)

No comments

Post a Comment

Powered by Blogger.